Mengetahui Ciri Burung Jalak Suren Jantan 100 Persen Akurat

Ciri Burung Jalak Suren Jantan

Burung jalak suren jantan ciri-cirinya bisa di lihat dari suara kicauan, bentuk fisik maupun tingkah laku dari burung tersebut. Bentuk bodi jalak suren pejantan lebih besar dan memanjang, serta tingkah lakunya terlihat lebih agresif jika dibandingkan dengan yang betina.

Namun untuk ciri-ciri yang telah disebutkan diatas sifatnya relatif tergantung siapa yang memberi definisi untuk masing-masing ciri tersebut. Seperti contoh di atas tadi, jalak suren jantan memiliki ukuran bodi yang besar dan lebih panjang dibandingkan burung betinanya.

Definisi ataupun kriteria panjang dan pendek tersebut biasanya menurut pandangan orang yang setiap harinya selalu melihat burung jalak suren. Jika dibandingkan dengan orang awam yang jarang melihat ataupun malah baru pertama kali melihat tentu pandangannya sangat berbeda.

Contoh lebih jelasnya lagi, ketika ada seorang penghobi yang masih awam tentang jalak suren dan masih kesulitan membedakan jalak suren jantan dan betina. Namun berniat membeli burung jalak yang jantan saja, tentu pembeli akan minta ke penjual untuk mengambilkan jalak suren yang jantan. Jika kita bertanya ciri jalak suren pejantan maka si penjual pasti akan mengatakan perbedaan itu terlihat dari bentuk tubuhnya yang lebih panjang.

Apabila pembelinya baru pertama kali melihat atau bahkan jarang melihat. Maka definisi panjang pendek, besar kecil tetap saja akan membuat bingung, karena burung terlihat tampak sama. Jadi intinya semua itu masih bersifat relatif karena tidak ada satuan ukuran pastinya.

Baca Juga : Update Harga Jalak Suren Paling Lengkap

Jadi hitungannya itu cuma berdasar feling saja. Dan tentunya tidak bisa dijadikan mutlak dikatakan tepat 100 persen. Hal tersebut hanya berdasarkan tebakan atau prediksi. Dan kualitas feling itu sendiri juga dipengaruhi oleh suasana hati si orangnya juga.

Burung Jalak Suren Jantan Dari Ciri Fisiknya

Sekarang untuk bisa mengetahui ciri fisik jalak suren jantan yang pasti dan tidak berdasar tebakan. Bisa juga di lihat oleh yang lebih berpengalaman ataupun yang masih awam. Bahkan anak kecil juga bisa melihat dan juga bisa membedakannya karena tandanya terlihat sangat jelas.

Bila di sekitar kulit dubur terlihat tanda lingkaran warna biru gelap atau ungu, maka sudah sangat bisa di pastikan kalau burung jalak suren tersebut berjenis kelamin jantan. Agat terlihat lebih jelas Anda bisa memberi sedikit air pada area dubur, lalu bulu-bulunya akan menyatu dan tidak mengembang. Nanti pada dasaran kulit akan terlihat jelas ada lingkaran berwarna biru gelap atau ungu.

Jalak Suren Jantan Tanda Biru

Baca Juga : Makanan Jalak Suren Agar Rajin Berkicau

Tapi untuk hal ini dengan catatan, bahwa burung jalak suren tersebut sudah menginjak usia birahi. Atau sekurang-kurangnya sudah berumur satu setengah tahun. Disini umur satu setengah tahun itu dibuat rata-rata, karena usia birahi itu sendiri tidak ada patokannya. Dari sini ciri-ciri jalak suren pejantan sudah mulai diketahui.

Menurut beberapa pengalaman pribadi para pemilik burung jalak suren jantan, kalau tanda biru tersebut muncul saat usia tujuh bulan. Jadi menurut pengalaman tersebut maka tanda biru yang muncul pada burung jalak suren itu paling cepat usia tujuh bulan.

Kalau tanda biru tersebut sudah muncul maka untuk ciri-ciri yang lain abaikan saja. Karena sudah sangat jelas, tanda kejantanan burung tersebut sudah kelihatan. Ibarat tanda biru yaitu ciri primer dan yang lain hanyalah ciri sekunder.

Demikianlah penjelasan yang bisa Bakicau.com bagikan mengenai beberapa hal yang bisa Anda ketahui tentang ciri-ciri jalak suren pejantan. Bagi Anda yang berminat memelihara burung jalak suren jantan maka Anda bisa mulai melihat ciri-ciri tersebut.