8 Jenis Pleci Yang Bagus Untuk Dilombakan Beserta Harganya

Jenis Pleci Untuk Lomba

Pleci merupakan salah satu jenis burung pengicau yang sedang naik daun saat ini, memiliki suara kicauan yang ngalas dan ngerol panjang memuat burung pleci ini sangat diminati. Banyak dari penghobi burung kicau yang menjadi pleci sebagi masteran atau pancingan untuk burung kicau lainnya, misalnya cucak ijo, murai batu, lovebird, ataupun kacer.

Burung pleci juga tergolong kedalam marga burung kacamata, atau yang biasa disebut dengan nama latin Zosterops. Yang mana saat di alam liar burung ini hidup secara berkelompok, dengan jumlah angota yang sangat besar bisa mencapai hingga ratusan ekor.

Habitat Asli Burung Pleci

Burung pleci memiliki wilayah penyebaran yang cukup luas, dimana kita dapat menemui burung jenis ini di benua Afrika, Asia, hingga Australia. Sementara untuk habitatnya sendiri, burung pleci ini hidup di daerah yang rindang masih tumbuh banyak pepohonan dan jauh dari perkotaan.

Karena maraknya pembalakan liar serta pemburuan yang tidak terkontrol, membuat populasi burung pleci kian menurun dan sangat susah untuk ditemui di alam liar. Namun saat ini sudah banyak penghobi yang telah beralih membudidayakan burung pleci, dan tidak lagi menangkapnya dari alam.

Baca Juga : Mengetahui Ciri Burung Jalak Suren Jantan

Tidak hanya sebagai peliharaan, burung kicau jenis pleci ini juga banyak dijadikan sebagai masteran atau pancingan untuk burung kicau lainnya. Dengan suara kicauan yang ngalas dan ngerol panjang, banyak dari penghobi yang mulai memperlombakan burung pleci ini.

Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor

Agar burung pleci yang kita pelihara cepat gacor dan ngeplong tentu kita harus memberikan perawatan yang maksimal, seperti rutin membersihkan kandang, memandikan dan menjemurnya di pagi hari. Hal ini sangat perlu dilakukan agar kesehatan burung pleci tidak terganggu nantinya.

Selain itu pemberian pakan yang berkualitas juga sangat penting, menu makanan untuk menunjang nutrisi burung pleci memang beraneka ragam. Muali dari pakan yang berupa biji-bijian, serangga, kroto, cacing tanah, voer, sampai dengan buah dan juga sayur.

Baca Juga : Cara Merawat Pleci Agar Cepat Gacor

Sementara untuk melatih kicauan burung pleci yang Anda miliki bisa menggunakan rekaman Suara Burung Pleci sebagai masterannya. Ada banyak jenis burung pleci yang bagus dan menjadi primadona di kalangan para pecinta burung kicau. Berikut macam burung pleci yang bagus untuk dilombakan :

Inilah 8 Jenis Pleci yang Bagus untuk Dilombakan

1. Burung Pleci Dakun Maput

Jenis Pleci Dakun Maput

Burung pleci yang pertama akan kami bahas yaitu pleci jenis dada kuning mata putih (dakun maput). Sama seperti namanya burung ini memiliki warna bulu yang di dominasi dengan warna kuning dan warna hijau, sementara pada kelopak mata terdapat lingkaran berwarna putih seperti kacamata.

Banyak orang berpendapat bahwa pleci jenis dakun maput ini merupakan burung pleci paling istimewa, yang mana memiliki suara kicauan yang khas dan bening. Untuk harga pleci dakun maput ini sendiri di patok pada kisaran Rp 350.000 hingga Rp. 2000.000, namun tergantung kualitas dari burung pleci itu sendiri.

2. Burung Pleci Dakun Macok

Jenis Pleci Dakun Macok

Burung pleci yang selanjutnya yaitu pleci dada kuning mata coklat (dakun macok), burung ini merupakan spesies pleci yang paling banyak di pelihara. Yang mana burung pleci jenis dakun macok ini berciri fisik yang hampir mirip dengan pleci dakun maput, namun pada dakun macok ini memiliki iris mata yang berwarna coklat.

Baca Juga : 3 Jenis Jalak Suren Yang Paling Bagus

Sementara untuk habitatnya, burung pleci dakun macok ini memiliki habitat yang menyebar di hampir semua penjuru pulau Jawa. Harga burung pleci dakun macok di pasaran saat ini dipatok sekitar Rp 50.000 hingga Rp. 2.000.000 tergantung dari kualitas dan umurnya.

3. Burung Pleci Dakun Jatim

Berikutnya yaitu burung pleci dada kuning jatim (dakun Jatim), burung ini terbilang sangat mudah untuk dipelihara karena memiliki daya adaptasi paling tinggi dibanding jenis pleci lainnya. Pleci dakun Jatim ini memiliki ciri-ciri warna bulu dada kuning, serta bagian punggung berwarna kuning zaitun yang cerah.

Meski memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu besar, namun suara kicauan pleci dakun Jatim ini sangat lantang dan ngerol, maka tidak heran apabila burung ini sering menjadi juara pada ajang kontes kicau burung. Untuk harga pleci dakun jatim berada dikisaran Rp 100.0000 hingga Rp 2.000.000 tergantung dari umur dan kualitasnya.

4. Burung Pleci Auriventer

Pleci Auriventer mungkin terdengar asing bagi pecinta burung kicau di tanah air, burung pleci ini memiliki mental yang sangat baik dibanding jenis pleci lainnya. Burung pleci auriventer juga memiliki tubuh yang lebih bongsor, dengan warna tubuh bagian bawah abu-abu pucat serta pada bagian atas bewarna coklat kekuningan.

Habitat burung pleci auriventer ini tersebar di wilayah pesisir pantai timur Sumatera, Kepulauan Riau, Pulau Bangka, Kepulauan Natuna Selatan, dan Kalimantan. Sedangkan untuk harga pleci auriventer di pasaran dijual pada kisaran Rp. 100.000 hingga Rp 1.000.000 tentu tergantung dari umur dan kualitasnya.

5. Burung Pleci Buxtoni

Pleci buxtoni merupakan salah satu jenis burung kicau untuk lomba, yang mana burung ini memiliki warna bulu yang cerah dan cantik. Pada bagian dada berwarna abu-abu dengan garis kuning yang cukup lebar hingga ke perut, sedangkan pada bagian punggung berwarna kekuningan dan sedikit hijau tua.

Burung pleci buxtoni ini memiliki wilayah penyebaran dari Jawa Barat hingga Pulau Sumatra, dengan habitat berada di daerah hutan atau perkebunan yang masih banyak pepohonan. Dipasaran harga jual burung pleci buxtoni berada dikisaran Rp 150.000 hingga Rp 1.5000.000 namun tergantung dari kualitas kicauan dan umurnya.

6. Burung Pleci Montanus

Burung pleci jenis montanus atau yang biasa disebut pleci gunung ini memiliki habitat di daerah pegunungan dengan ketinggian hingga 3000 MDPL. Yang mana untuk wilayah penyebaran burung pleci montanus ini berada di sekitaran Pulau Jawa. Selaini itu burung ini memiliki suara yang parau, serak-serak basah namun terdengar lantang.

Baca Juga : Makanan Burung Pleci Agar Cepat Gacor

Ciri khas burung pleci montanus yaitu pada bagian perut berwarna putih agak keabu-abuan, serta pada punggung bercorak abu-abu dan hijau. Jenis pleci ini juga memiliki ukuran yang lebih besar, dengan rata-rata panjang tubuh sekitar 11 cm. Sementara untuk harga pleci montanus ini dibandrol di kisaran Rp 80.000 hingga Rp 500.000 tergantung dari umur dan kualitasnya.

7. Burung Pleci Black Capped

Jenis pleci yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan pleci buxtoni, namun pada pleci black capped memiliki ciri khusus yaitu  pada dahinya yang berwarna hitam. Selain itu pada bagian mata terdapat lingkaran berwarna putih yang mirip seperti kacamata.

Selain itu burung pleci jenis black capped ini juga memiliki karakter yang agresif, dengan suara kicauan yang ngebass dan ngerol, sangat bagus untuk kontes. Untuk harga burung pleci buxtoni dipasaran berada dikiasaran Rp 200.000 hingga Rp 1000.000 namun tergantung kualitas serta umurnya.

8. Burung Pleci Sulawesi

Pleci Sulawesi meupakan jenis pleci terakhir yang bagus untuk dilombakan, yang mana burung ini memili ciri yang hampir sama dengan pleci black capped yaitu sama-sama memiliki warna dahi hitam. Hanya saja yang membedakan keduanya yaitu, pada bagian mata burung pleci Sulawesi tidak terdapat lingkaran berwarna putih.

Burung pleci Sulawesi ini memiliki wilayah penyebaran di Pulau Sulawesi dan sekitarnya, seperti Pulau Seram dan Kepulauan Sula. Harga burung pleci sulawesi sendiri di banderol mencapai Rp 75.000 hingga Rp 500.000 tentu saja tergantung umur dan kualitas burung.