Cara Merawat Burung Ciblek Untuk Pemula Agar Rajin Gacor Ngebren

Cara Merawat Burung Ciblek

Cara merawat burung ciblek tergolong simpel, sebagai salah satu burung harian maupun kicauan jika dibandingkan dengan burung kicau jenis lain. Perawatan bisanya dibedakan berdasarkan asal burung ciblek di dapat dan juga dari jenis burung ciblek itu sendiri. Ciblek yang di dapatkan dari hutan atau sawah jelas berbeda dengan ciblek hasil penangkaran.

Ciblek yang ditujukan untuk kontes juga berbeda perawatannya dengan ciblek yang dirawat untuk kicau harian. Ciblek sendiri saat ini sudah sangat populer sebagai burung kicau yang memiliki karakter kuat serta mental baja. Tak heran jika peminatnya sangat banyak dari para kicau mania Indonesia.

Jika anda sedang atau akan memelihara burung ciblek, maka langkah perawatan burung ciblek di bawah ini mungkin akan berguna bagi anda.

Memilih Bibit Burung Ciblek

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, cara merawat burung ciblek sangat tergantung dengan bakal calon dari mana ciblek di dapatkan. Biasanya untuk kepentingan kontes, anda bisa mendapatkan ciblek yang cukup bagus di para peternak ciblek setempat.

bibit anakan ciblek

Baca Juga : Cara Merawat Kenari Agar Gacor Maksimal

Jangan lupa untuk memilih ciblek yang sehat tanpa cacat, serta berusia muda dengan tubuh yang proporsional. Tujuan utama cara merawat burung ciblek dari usia muda adalah supaya lebih mudah dalam proses pembentukan karakternya nanti. Selain itu pembiasan memakan voer juga perlu dilakukan.

Jika memang ingin mengadopsi ciblek hasil tangkapan dari alam liar seperti sawah, kebun, maupun hutan maka pastikan ciblek tersebut memiliki fisik yang sehat dan terhindar dari stres. Sebenarnya ciblek hutan juga sangat cocok digunakan sebagai bibit burung kicauan karena ciblek liar terkenal memiliki nafas yang panjang serta fisik yang kuat.

Namun kembali lagi, kekurangan dari menangkap ciblek di alam liar adalah sulitnya menjinakkan ciblek tersebut. Anda perlu memberikan perhatian ekstra supaya karakter ciblek bisa benar-benar terbentuk sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Cara Merawat Burung Ciblek Harian

Untuk bisa menghasilkan ciblek yang baik sesuai dengan target yang Anda harapkan, maka Anda bisa melakukan rutinitas seperti berikut setiap paginya.

Baca Juga : Download Suara Burung Ciblek Gacor Ngebren

1. Kebersihan Kandang

Anda bisa mulai perawatan setiap pagi dengan membersihkan kandang ciblek anda. Kebersihan kandang ciblek sangat penting untuk tetap menjaga kondisi ciblek tetap fit.

2. Sinar Matahari

Usahakan untuk bisa secara rutin membuka tudung sangkar ciblek setiap pukul 06.00 hingga sekitar pukul 06.30. Sinar matahari pagi sangat bagus untuk badan ciblek sekaligus membunuh jamur yang menempel di tubuh ciblek.

3. Semprot sebelum Memandikan

Saat mau memandikan ciblek, usahakan untuk menyemprotnya terlebih dahulu beberapa kali. Hal tersebut untuk membuat ciblek terbiasa dengan suhu air yang digunakan. Selanjutnya, gunakan cepuk air minum yang ada di dalam sangkar. Setelah itu, angin-anginkan burung hingga kering dengan sendirinya sembari terkena sinar matahari.

4. Ganti Air Burung

Jangan lupa untuk mengganti air minum burung jika memang sudah terlalu kotor. Kebersihan dan kualitas dari air minun juga dapat mempengaruhi kesehatan dari ciblek itu sendiri.

5. Perhatikan Makanan

Seperti kebanyakan burung kicau lain, makanan yang paling tepat bagi ciblek adalah serangga-serangga kecil seperti belalang dan jangkrik. Mungkin saat ini susah untuk mendapatkan belalang, maka alternatifnya jatuh kepada konsumsi jangkrik sebagai pakan harian. Anda bisa membeli jangkrik yang saat ini sudah banyak budi dayanya. Pola pemberian makan bisa di mulai dengan memberikan 2 jangkrik pada pagi hari dan 2 lagi pada sore harinya.

6. Pemberian Kroto

Untuk pakan ekstranya, anda bisa memberikan kroto sebagai makanan selingan maksimal 3 kali dalam seminggu. Kroto memang terkenal sangat baik untuk merangsang kicau pada burung-burung kicauan. Atau jika memang anda ingin menjadikan kroto sebagai makanan utama, maka sebaiknya anda membatasi pemberian kroto sebanyak satu sendok teh saja.

7. Makanan Utama

Baik jangkrik maupun kroto sebenarnya adalah makanan ekstra saja untuk mempercepat ciblek mendapatkan kicaunya. Makanan utama ciblek yang bisa anda gunakan sebagai konsumsi harian adalah voer yang dicampurkan dengan susu bubuk. Campurkan keduanya untuk kemudian dihaluskan.

8. Menutup Sangkar

Menjelang magrib, anda bisa kembali menutup sangkar ciblek. Tutup kembali sangkar menggunakan kerudungnya supaya ciblek bisa beristirahat dengan tenang.

9. Perawatan Menjelang Kontes

Cara merawat burung ciblek yang akan diikutkan dalam kontes, para ahli perkicauan menyarankan supaya ciblek tidak di panaskan di bawah sinar matahari terlalu lama. pemberian ekstrak kroto dan multivitamin juga sangat disarankan untuk menjaga stamina dan kebugaran ciblek.

Itulah beberapa cara perawatan burung ciblek khususnya untuk harian. Cara di atas adalah cara yang paling umum diadopsi oleh para kicau mania. Beberapa kicau mania memiliki cara-cara tersendiri untuk merawat cibleknya.

Mulai dari variasi pakan harian, hingga pelatihan yang harus diberikan saat mendekati kontes. Anda bisa mencari sumber referensi lain jika memang menginginkan ciblek anda menjadi lebih gacor. Atau lebih mudah, anda bisa berkonsultasi dengan para master ciblek di grup yang saat ini sudah banyak terdapat di sosial media.